Simak Yuk Momentum Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Monday, September 10th, 2018 - Uncategorized

INDONESIA bisa menjadi tuan-rumah IMF-WB Annual Meetings (AM) pada 12-14 Oktober yang akan datang. Moment yang diadakan oleh World Bank serta International Monetary Fund itu adalah pertemuan keuangan tahunan paling besar di planet ini. Dalam pertemuan itu akan didiskusikan perubahan ekonomi serta keuangan global, dan beberapa rumor canggih.

Dalam dua periode paling akhir AM diselenggarakan di Washington DC, Amerika Serikat. Setelah itu di tahun ke-3 diselenggarakan di negara anggota yang berlainan, yakni diluar Amerika. Indonesia adalah negara ke-19 sebagai tuan-rumah AM. Dengan jumlahnya anggota IMF sekarang sekitar 189 negara, Indonesia mungkin baru bisa kembali jadi tuan-rumah acara itu 378 tahun lagi.

Diprediksikan tidak kurang dari 15 ribu peserta akan membanjiri Nusa Dua, Bali, sebagai tempat penyelenggaraan pekerjaan. Peserta terbagi dalam beberapa Gubernur Bank Sentra dari 189 negara anggota IMF, Menteri Keuangan, CEO industri keuangan, akademisi, perwakilan instansi internasional serta NGO, anggota parlemen, dan mass media.

AM 2018 bukan sekedar menarik manusia dalam jumlahnya besar, tapi juga merogoh cost yang tidak dikit. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dikabarkan membagikan biaya penyelenggaraannya sebesar Rp 855, 5 miliar. Tahun 2017 biaya yang sudah di keluarkan sampai Rp 45, 4 miliar. Bekasnya akan dipakai tahun ini (m. usaha. com, 12/05/2018) .

Mengundang masukan
Besarnya biaya AM 2018 mengundang masukan dari kelompok Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dengan kalimat di dalam kondisi beratnya percapaian tujuan penerimaan pajak, Komisi Keuangan DPR mempermasalahkan pemakaian biaya yang besar itu. Hal seperti ini juga dilihat tidak searah dengan optimalisasi biaya untuk berbelanja produktif yang ditargetkan pemerintah (katadata. co. id, 13/09/2017) .

Menyikapi masukan itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, biaya yang dipakai akan kembali pada penduduk. Dengan berlangsungnya AM itu, tingkat tempat tinggal hotel akan bertambah mencolok.

Baca Juga: MEA adalah 

Penyediaan furniture, computer serta alat kelengkapan kantor yang lain dari dalam negeri akan makin bertambah. Menteri Keuangan juga menyampaikan computer yang dipakai nanti akan dihibahkan ke sekolah-sekolah sesudah acara tuntas (katadata. co. id, 13/09/2017) .

Artikel Terkait: prinsip ekonomi  

Menkeu Sri Mulyani memohon penduduk bukan sekedar berharap faedah langsung berbentuk uang saja, tapi dapat juga lihat pertemuan ini menjadi peluang emas buat perkembangan perekonomian Indonesia.

Lewat showcasing (pemaparan) kesuksesan ekonomi Indonesia dalam pekerjaan ini, diinginkan mengundang pandangan positif beberapa negara pada Indonesia. Kesan-kesan ini pada ujungnya akan berefek pada masuknya investasi ke Indonesia (kompas. com, 02/03/2018) .

Searah dengan penyelenggaraan AM 2018, pemerintah juga keluarkan cost untuk infrastruktur simpatisan acara. Hitungan Bappenas, cost infrastruktur ini sampai Rp 4, 9 triliun. Dana yang besar sekali ini dipakai untuk pembangunan underpass Ngurah Rai, Pelabuhan Benoa, Patung Garuda Wisnu Kencana, serta Tempat Pembuangan Akhir Sampah Suwung (tirto. id, 27/04/2018) .

Simak Yuk Momentum Pertumbuhan Ekonomi Indonesia | teknojos | 4.5